Jumat, 09 Juni 2017

MENENTUKAN KENAIKAN KELAS DENGAN APLIKASI KENAIKAN KELAS KTSP


Mengolah nilai dan mengisi raport adalah rutinitas guru yang selalu dilakukan pada akhir semester. Pengolahan nilai raport tidak akan keliru jika kita berpedoman pada ketentuan yang biasanya ada di buku daftar nilai maupun di raport itu sendiri.

Khusus mengenai pengolahan nilai raport untuk menentukan naik tidaknya seorang peserta didik, kita harus benar-benar hati-hati. Guru harus menghitung rata-rata nilai tiap mata pelajaran di semester 1 dan 2, kemudian membandingkannya dengan rata-rata KKM tiap mata pelajaran di semester 1 dan 2. Jika rata-rata nilai tersebut kurang dari rata-rata KKM, maka untuk mata pelajaran tersebut dikategorikan tidak tuntas. Dan jika seorang peserta didik memiliki lebih dari 4 nilai tidak tuntas, bisa dipastikan ia tidak naik kelas.

Untuk membantu teman-teman guru dalam menentukan naik tidaknya seorang peserta didik, penulis mencoba membuat aplikasi sederhana yaitu APLIKASI PENENTUAN KENAIKAN KELAS KTSP SD.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena berupa file excel yang bisa diedit sesuai kebutuhan.

Bagi teman-teman yang membutuhkan aplikasi tersebut, silahkan download gratis pada link di bawah ini :


Mudah-mudahan aplikasi yang saya bagikan bermanfaat. Tidak lupa mohon kritik dan saran, karena pasti masih jauh dari sempurna. Tinggalkan komentar teman-teman untuk kritik dan saran yang membangun, dan sangat saya nantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar/saran/masukan anda di bawah ini :